Mandiri Makan Bersama ~ Hari Kedua

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum kawan semua, keluarga ASA doakan semoga kita selalu sehat yaa di pergantian cuaca yang ekstrim ini. Aamiin

Eeh, ngomong-ngomong niih ngelanjutin tantangan 10 hari nya Game level 2 kelas Bunda Sayang, masih tentang latihan makan sendiri.

Sesi makan kali ini sangat beda, pasalnya saya ajak anak-anak makan di warung milik mertua.
Sengaja saya barengin makan mereka, sebab misalkan dipisah pisah yang ada si mba Syifa ini akan kembali merengek minta disuapin sama seperti adek nya.

Awalnya saya ragu mau membiarkan mas Ammar untuk makan sendiri pakai sendok di usia nya 19 bulan. Kebayang kaan betapa rempong nya kehebohan makan tanpa dibantu orangtua. Pasti sisa remahan dan ceceran nasi dimana-mana.
Tapiiii... Sekali lagi, sekali lagi saya menguatkan diri untuk bilang Tega(s) kepada diri saya.
Toh semua tergantung persepsi kita, Husnudzon aja lah semua lancar.

Saya pegang prinsip ini untuk menguatkan keyakinan saya :

Kalaupun tempat nya jadi kotor dan kececer bisa dibersihkan.
Kalaupun baju nya mas Ammar nanti kotor padahal baru aja mandi, masih bisa ganti baju & dicuci.
Kalaupun mulut dan tangan belepotan, masih bisa dibersihkan.

Yang penting selalu siap siaga dan pilih menu yang gak berkuah banyak, agak "garingan" istilah Jawa nya. Dengan catatan, siapin minum juga yaak...



Naaah, ternyata diluar dugaan dan kekhawatiran saya.

Malahan mas Ammar ini semangat dan antusias banget kalau makan sendiri. Lap lep lap lep, masuk ke mulut terus. Dan habis separo dari nasi yang saya siapkan diatas. MaasyaAllah naang 😘

Tapiiii... Sekali lagi, namanya anak-anak ya gitu deeh.. Maem nya belum dihabisin, udah maen kemana-mana.
"mbaa.. Kok sudah main sih, lha ini maem nya sudah apa belum?"

"Sudaaaah"

Oke, kalau memang dia sudah bilang gitu, saya gak bisa maksa saat ini (harus bertahap menjelaskan kenapa harus menghabiskan makanan, atau besok bisa saya kurangi sedikit jumlah makan nya)

Laaaah, terus sisa makanan nya semua gimana?
Punya mas Ammar apa yo habis?



Yo jelas gak habis semuanya laah, tetep itu semua akhirnya harus masuk ke perut Ibunda yang makin bunder ini 😅😅


Salam Mandiri Bersama,
Bunda ASA

Catatan :
Sementara ini tolong abaikan posisi duduk Mas Ammar yang diatas meja, sudah ditempatkan di kursi tapi dia tetep naik ke meja. Ke depan nya akan menjadi tantangan tersendiri untuk saya mengajarkan adab makan yang baik kepada mas Ammar. Mohon doa nya. Terimakasih 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NISSIN WAFERS

Makan di Sekolah

MEDIA NGAJI SEMARANG (MNS)