Belajar Membaca ~ Bolak Balik Buku

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum
Semangat Pagi kawan semua
tetap semangat ya di weekend yang ditunggu ini

Ngomong-ngomong weekend, sahabat ASA tadi pada kemana hayo??

Haaah.. Gak kemana-mana? Duuh, mesakke tenan. hihihii
Kalah sama mba Syifa yang tadi habis berenang terus kumpul-kumpul dengan acara keluarga besar Ayah ASA. hehehe

Habis bersuka ria bersama, malam ini Bunda mau cerita-cerita yaa mengenai hobi dan kebiasaan mba Syifa yang unik dan tentunya sesuai dengan tema Game Level 5 ini "Menstimulasi Anak Suka Membaca"

Jadi, ada satu kebiasaan mba Syifa yang suka nya bolak-balik buku terus ngecipris macem-macem sesuai cerita nya dia sendiri.
Seperti kejadian beberapa waktu lalu, dimana ada anak tetangga yang berumur sekitar 5 tahunan (masih TK kecil) main ke rumah. Lalu, mba syifa mulai membuka buku dan (seolah-olah) asyik membaca buku tersebut serta keluar lah kisah-kisah dari bibir mungil nya(kisah nya tidak sesuai judul buku) 😅
Anak tetangga ini keheranan melihat Syifa bisa membaca kemudian bertanya kepada saya "Tante, itu Syifa massih kecil kok sudah bisa baca sih?"

Hahahaaaa...

Saya tertawa mendengarnya

"Itu Syifa belum bisa baca kok mba, dia hanya lagi asyik baca sendiri, cerita nya ngarang"

Anak itu manggut-manggut dan bilang "Oooh.. aku kira sudah bisa baca. Aku juga belum bisa baca kok"

hihihiiii

Itu, baru satu dari sekian kejadian dimana mba Syifa ini asyik membaca cerita. 

Pernah suatu kali, mba Syifa membaca sebuah buku yang bercerita tentang kisah Nabi Adam alaihissalam dan Nabi Idris alaihissalam. Diceritakan sendiri versi dia walaupun tidak sambung menyambung menjadi satu, karena dia menceritakan smua hanya berdasarkan gambar (sebenarnya ada video nya, hanya saja kok Bunda gak bisa upload yaak.. hehee.. Katrok banget 😀)

Lucu kan ya, kalau kita lihat anak kita mengarang bebas. hahahaa

Kebiasaan unik ini bisa terjadi sebab setahunan belakangan kami sering bergantian (walaupun sering nya Bunda sih) membacakan buku-buku cerita kepada Syifa.
Mulai dari kisah Rassulullah Muhamad Shalalallahu alaihi wassalam, kisah 24 Nabi dan Rasul lain nya, kisah tentang binatang, cerita mengenai keluarga, teman, pekerjaan atau profesi, buku resep memasak, majalah anak Islam, buku ajar sekolah, dan masih banyak yang lain nya. Akhirnya mba Syifa menjadi ketagihan untuk dibacakan berbagai macam buku. Setiap dia melihat buku yang menurut nya bergambar asyik, pasti akan langsung minta diceritakan.

Asyik Bolak Balik Buku

Dalam materi kelas Bunda Sayang dijelaskan bahwa ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui anak-anak dalam meningkatkan ketrampilan berbahasanya.

Tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

a. Keterampilan mendengarkan (listening skills)
b. Ketrampilan Berbicara (speaking skills)
c. Ketrampilan Membaca (reading skills)
d. Ketrampilan Menulis (writing skills)

Nah, kebiasaan kami bercerita kepada mba Syifa ini masuk ke dalam tahapan yang pertama yaitu ketrampilan mendengarkan, sedangkan kemampuan mba Syifa untuk menceritakan kembali setiap kejadian yang dialami nya atau melalu buku yang pernah dibaca nya ini masuk kedalam tahapan ketrampilan berbicara.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa
"Mendengarkan dan berbicara adalah tahap yang sering dilewatkan orangtua dalam menstimulasi anak-anaknya agar suka membaca. Sehingga hal ini mengakibatkan anak yang BISA MEMBACA, belum tentu terampil  mendengarkan dan berbicara dengan baik dalam kehidupan sehari-harinya. Padahal dua hal ketrampilan di atas sangatlah penting."

Hal ini lah yang sedang kami asah terus dan terus, sebab melatih ketrampilan mendengarkan dan berbicara ini butuh waktu yang tidak singkat, butuh proses.
Agar nanti saat mba Syifa sudah mampu membaca sendiri, dia juga mampu menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Barakallahu fiikum.

Wasssalamu'alaikum

Salam sayang,
ASA Family


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

NISSIN WAFERS

Makan di Sekolah

MEDIA NGAJI SEMARANG (MNS)