Mengenal Angka


Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang masih memberikan nafas kita untuk selalu bersyukur pada Nya.

Gimana kabar saudara ku semua?
InsyaAllah selalu sehat wal afiat yaa...
Doain juga, bunda sama ayah lagi meriang batuk pilek iniih.. Semoga segera sembuh yaak. Aamiin.

Oke, setelah kemarin kita belajar membaca bersama mba syifa, kali ini di game level 6 ini kita akan belajar mengenai Matematika di sekitar kita.

Yeeeyyy....

Pas banget laah sama kesukaan anak wedok yang lagi demen belajar angka angka dan pasangin jumlah sesuai banyak nya benda.

Sebelum masuk ke hari hari bersama Matematika, bunda mau cerita dulu bagaimana perkenalan awal mba syifa dengan angka.

Jadi, dulu sekitar mba Syifa umur 2 tahunan pas masih longgar waktunya (ciiee, sekarang anak 2 gak bisa ngapa-ngapain, hehehe), bunda pernah bikin satu Busy Book dari kain flanel yang berisi tentang pengenalan bilangan angka dari 1 sampai 10 (kayak di gambar)

Awalnya gak pernah kepikiran kalau akan dipakai untuk tatangan game Bunsay ini, hihihii.. Tapi alhamdulillah media Busy Book ini benar-benar sangat membantu Bunda saat harus menjelaskan jumlah riil bilangan 1 sampai 10.

Kalau sejak kecil, pasti anak-anak sudah diajari menghitung angka dengan jari, ya kan? Ini juga bagus fungsi nya melatih motorik anak juga.

Tapi saat itu anak kita belum mengerti seperti apa itu angka 1 dst, juga belum faham kalau 5 itu jumlah benda nya ya harus 5.

Media busy book ini membuat saya mudah mengajari mba Syifa untuk tahu ini angka 1, jumlah bunga nya cuma ada 1.
Ini angka 2 seperti bebek, jumlah daun nya ada 2. Dst nya.
Busy Book Cipa

Di umur mba Syifa 3 tahun, dia sudah mampu menghitung riil jumlah benda yang ada.
Suatu ketika, saya punya pensil warna berjumlah 5. Saya minta mba Syifa untuk menghitung jumlah nya total ada berapa, kemudian dia menghitung sesuai jumlah nya ternyata sesuai sekali dengan jumlah nya yaitu 5. Amazing !!

Akhirnya saya sering meminta mba Syifa untuk menghitung jumlah benda benda yang ada, untuk meningkatkan kecerdasan nya.

Alhamdulillah, sekarang di usia nya yang 4 tahun ini mba Syifa sudah mampu menyebutkan angka sampai 20, walaupun kadang terlupa di angka 15 atau 16. Hihihiii

Sekarang, giliran Busy Book ini menurunkan manfaat nya buat mas Ammar yang baru berusia 2 tahun. Buat di bolak balik aja sih tepat nya, hihihi.

Happy Crafting

Salam bahagia,


Bunda Asa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NISSIN WAFERS

Makan di Sekolah

MEDIA NGAJI SEMARANG (MNS)